Masakan Beda Negara dengan Rasa Sama

Vivaborneo.com, Samarinda – Malam bertajuk Taste of Malaysia memberikan warna tersendiri bagi “lidah” orang Samarinda, saat mencicipi aneka makanan khas negeri tetangga tersebut. Pihak Kedutaan Besar Malaysia untuk Indonesia di Jakarta khusus mendatangkan Chef Ahmad Fazree untuk menghidangkan puluhan jenis makanan bernuansa rasa Malaysia.

Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang (kiri) bersama Duta Besar Malaysia untuk Indonesia TYT Datuk Zainal Abidin Bakar, saat memasak bersama.

Saat sajian pada malam pertama. Chef Fazree menyuguhkan  Lemak, Nasi Kerabu, Golden Rice, Ayam Percik hingga Laksa kedah yang menjadi primadona pada acara yang digelar pada Senin (18/11) tersebut.

Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Tuan Yang Terutama  (TYT)  Datuk Zainal Abidin Bakar mempersilahkan tamu dan undangan yang hadir utuk menikmati aneka makanan “negara serumpun” ini.

“Kami mempersilahkan para tamu untuk mencoba Laksa Kedah.Karena rasa yang sangat lezat daripada jenis laksa yang ada di Malaysia,” ucapnya meyakinkan para tamu, diantaranya yang terhormat, Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang dan Wakil Wali Kota Samarinda, Barakati.

Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang mengungkapkan rasa gembiranya akan hidangan Malaysia yang baru pertama kali ia coba.

Bahkan wali kota berdarah Dayak Bakumpai ini terkesan dengan beberapa penggunaan rempah dan bumbu yang sangat mirip dengan bumbu-bumbu msakan di Indoensia.

Laksa Kedah yang digadang-gadang memiliki cita rasa terbaik diantara masakan yang disuguhkan dalam Malaysian Food Festival.(Foto:vivaborneo.com)

“Saya senang malam ini. Saya makan banyak tadi. Saya terkesan karena bumbu yang dipakai Malaysia dan yang kita k=pakai di Kaltim ternyata mirip saja. Contohnya penggunaan Bunga Kantan atau kalau di Indonesia disebutnya Kecombrang,” ucapnya mengingat-ingat rasa yang telah ia makan.

Syahrie Jaang menyambut baik pelaksanaan Festival Makanan Malaysia atau Taste of Malaysia ini yang berlangsung selama sepekan di Hotel Bumi Senyiur Samarinda. Menurutnya, festival ini dapat menambah wawasan dan cita rasa masakan Malaysia bagi orang Samarinda.

Sementara itu, Chef Fazree mengungkapkan bahwa masakan Malaysia dan yang dirasakannya di Samarinda tidak jauh berbeda dengan ciri khas masakan Melayu Sumatera.

Bumbu dan rempah untuk masakan sengaja ia bawa langsung dari Kuala Lumpur, karena khawatir rempah-rempah tersebut tidak ada di Samarinda. Ia mencontohkan daun kari atau salam serta bunga Kantan.

“Saya gembira, secara keseluruhan makanan yang saya hidangkan disukai oleh tamu yang hadir. Tidak saja makanan ternyata tamu juga suka teh tarik dan pulut mangga,” ujarnya tersenyum.

Sebelumnya, Duta Besar Malaysia untuk Indonesia TYT  Datuk Zainal Abidin Bakar dan Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang, berkesempatan melakukan demo memasak bersama, dipandu oleh Chef Fazree. Dalam demo ini, kedua orang pejabat tinggi ini memasak dengan bahan dan menu yang sama. Namun, setelah sentuhan akhir ternyata berbeda rasa dan penamplan.(abdulrahman)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *