Desa Muara Enggelam menjadi Finalis Lomba Video Kementerian Pariwisata

KALTIMNEWS.CO, Kukar – Desa Muara Enggelam Kecamatan Muara Wis, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur kembali menorehkan sejarah prestasinya. Desa yang berada di tengah Danau Melintang ini berhasil masuk sebagai finalis lomba video HUT RI ke-75 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Desa Muara Enggelam sendiri menampilkan Video kreatif dengan judul ‘Semangat Cinta Indonesia dari Pedalaman Kalimantan’ Video ini merupakan merupakan inisiator Ketua Kelompok Bersinar Desaku Ramsyah.

Dalam video kreatif yang berdurasi tiga menit itu, nampak sangat menunjukkan kecintaan Warga Desa Muara Enggelam dengan Indonesia dan semangat gotong-royong yang diketahui merupakan ciri khas bangsa.

Dihubungi melalui telepon selulernya Jumat (4/9/2020) malam, Pembina Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Bersinar Desaku,  Ahmad Rianto, membenarkan perihal tersebut.

“Benar Video ‘Semangat Cinta Indonesia dari Pedalaman Kalimantan’ berhasil masuk sebagai finalis lomba video HUT RI ke-75 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ujar Ahmad Riyanto.

Video ‘Semangat Cinta Indonesia dari Pedalaman Kalimantan’ sendiri bersaing dengan 2.192 peserta lainnya di berbagai wilayah Indonesia.

“Terdapat 2.192 peserta yang mendaftar namun yang mengirim Video hanya sebanyak 813 yang masuk kurasi,” bebernya.

Disebutkan Arian, keberhasilan Video ‘Semangat Cinta Indonesia dari Pedalaman Kalimantan’ mesuk sebagai nominasi merupakan bagian semangat gotong-rotong warga, didukung KIM Bersinar Desaku, serta jurnalis yang menjadi tim video kreatif.

“Kini tersisa 25 finalis, untuk menentukan mana karya terbaik, kami semua berharap Vodeo ini nantinya bisa masuk menjadi juara pertama pada pengumuman yang akan dilaksanakan pada Senin (7/9/2020) esok,” harapnya.

Untuk itu, Arian berharap, warga Kalimantan, khususnya dari Kukar, Kaltim, dapat mendukung karya anak bangsa tersebut. Dengan capaian ini kata dia, untuk keempat kalinya Desa Muara Enggelam meraih prestasi skala nasional.

Sebelumnya, pada 2018 prestasi tentang pelayanan publik pengelolaan listrik komunal (Klik-Me) gelaran Kementerian ESDM. Kemudian disusul pada 2019 menampilkan video dengan judul Gapura Cinta Negeri dan kemudian Pada 2020 lalu, Klik-Me masuk dalam 45 besar pelayanan publik terbaik dari KemenPAN-RB.

Dijelaskannya, desa inspriatif dan responsif, pemerintahnya transparan, itu spirit di Desa Muara Enggelam dengan segala keterbatasannya. Dengan semangat kejujuran dari pedalaman,  namun begitu cinta negeri ini, semua warga berharap desa ini kembali bisa ikut mengharumkan nama Kukar, maupun Kaltim.

“Oleh karena itu sekali lagi mari  membantu mem-vote video yang telah diupload di kanal youtube dengan link video ‘Semangat Cinta Indonesia dari Pedalaman Kalimantan’ https://youtu.be/at1fGmNSBw4, mengingat waktu vote nya sangat singkta yakni dimulai sejak Sabtu (5/9/2020) dan berakhir pada Senin (7/9/2020),” tutupnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *