Pemprov Kaltim Serahkan Bantuan Sosial kepada Sektor Parekraf

Vivaborneo.com, Balikpapan – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menyerahkan Bantuan Sosial Masyarakat (BSM) Tahap II sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Bantuan ini merupakan hasil verifikasi tahap III dan tahap  IV oleh Dinas Pariwisata Kaltim telah disalurkan di enam kabupaten dan kota.

Enam daerah tersebut yaitu untuk Kota  Samarinda, Balikpapan, Bontang dan untuk Kabupaten Kutai Kartanegara, Paser, dan Penajam Paser Utara. Sementara untuk daerah lainnya masih dalam proses persiapan perbankkan.

Penyerahan BST tahap dua dan empat ini diserahkan Gubernur Kaltim Kaltim Isran Noor secara simbolis kepada Wali Kota Balikpapan yang langsung dibagikan kepada para penerima seperti pelaku usaha jasa perhotelan, ekonomi kreatif dan pariwisata.

Acara berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan bertempat di Balikpapan Sport Center and Convention, Dome Balikpapan, dan dihadiri ratusan orang penerima dan undangan, pada Minggu (20/9/2020).

Isran Noor berharap BSM bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini dapat meringankan beban pelaku industri pariwisata yang terdampak pandemi Covid-19.

“Ini sebagai bagian dari penanganan tanggap darurat Covid-19 Pemprov Kaltim, saya berharap pelaku usaha jangan menyerah dan terus  menerapkan protokol kesehatan. Jaga diri sendiri, jaga keluarga, jaga lingkungan, jaga kesehatan dan kerumunan harus diatur,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan jika pembatasan jam malam yang diterapkan di Kota Balikpapan bukan untuk keburukan tapi untuk kebaikan semua masyarakat di Kota Balikpapan.

“Kita harus tetap bersyukur dan berdoa, juga berusaha agar wabah Covid-19 ini lekas berakhir,” harapnya.

Dalam acara ini, Gubernur Isran Noor juga menyerahkan kartu ATM (anjungan tunai mandiri) kepada perwakilan pelaku usaha penerima bantuan secara simbolis.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni menjelaskan jumlah penerima Bantuan Masyarakat sektor Parekraf Kaltim sampai dengan Tahap II ini sebanyak 7.593 orang.

Disampaikan pula, jika masih ada yang tertinggal dan belum sempat mengambil akan diberikan kesempatan dalam jangka waktu satu bulan untuk mengambil di Bank Kaltimtara Cabang Balikpapan.(vivaborneo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *